Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
cuci helm
Tips & Trik

6 Cara Terbaik Cuci Helm, Bisa Lakukan Sendiri Dirumah

Merawat helm memang gampang-gampang susah, sob. Terutama jika digunakan tiap hari yang pastinya bikin daleman do’i cepat bau apek. Rupanya ada beberapa penyebab utama helm kesayangan jadi bau, salah satunya jarang mencuci helm. Memang, buat usir bau nggak sedap ini nggak ada jalan lain selain harus rutin dibersihkan. Tapi, sobat harus pahami langkah mudah dan benar saat cuci helm di rumah. Caranya bisa kalian simak di bawah sini.

 

1. Lepas Semua Komponen Helm

cheek pad busa helm

Sebelum mencuci, tentunya seluruh bagian termasuk busa atau padding bagian atas dan pipi, rachet, visor, dan ventilasi semuanya dilepas. Dalam mencuci helm nggak bisa begitu saja dilakukan sekaligus, harus melepas bagian per bagian dan membersihkannya satu per satu. Tujuannya tidak lain biar bersih maksimal dan menyeluruh bahkan butuh kesabaran ekstra untuk melewati fase ini. 

 

2. Cuci Helm Pakai Shampo Bayi?

Setelah semua bagian helm dilepas. Siapkan wadah berisi campuran air dan shampo bayi. Tunggu, sob! Kenapa harus pakai shampo bayi? Selain mengandung anti bakteri, shampo bayi juga lebih wangi dibanding deterjen biasa. Penting nih, jangan pakai pewangi pakaian karena bisa bikin gatal saat helm dikenakan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah merendam bagian busa-busa helm sekitar 20-30 menit biar seluruh kotoran bisa terangkat.

 

3. Air Hangat Untuk Cuci Visor

flat visor helm yang kotor

Sambil menunggu bagian busa helm direndam, sobat bisa beralih untuk membersihkan bagian visor. Bersihkan kaca depan ini dengan menggunakan air hangat biar kotoran dan minyak ataupun bekas tangan bisa terangkat. Hati-hati saat mencuci bagian ini, gunakan lap yang halus, biar permukaan visor aman dari baret halus. Setelah dibersihkan, sobat bisa langsung mengelapnya dengan lap micro-fiber

Sobat Bikers juga bisa langsung membersihkan printilan kecil seperti rachet ataupun ventilasinya. Gunakan korek kuping cotton buds untuk menjangkau sela-sela yang sempit. 

 

4. Sikat Gigi Dan Busa Helm

Balik lagi ke bagian busa helm, setelah direndam sekitar setengah jam, remas-remas lalu sikat permukaannya dengan sikat gigi secara perlahan. Penggunaan sikat gigi ini agar lapisan kainnya nggak rusak. Habis disikat, bilas busa dua hingga tiga kali, pastikan busa bekas shampo sudah hilang sempurna. 

 

5. Hati-hati Saat Pengeringan

salon pencucian helm

Setelah itu, masuk ke proses yang cukup krusial yakni proses pengeringan padding beserta busa helm. Karena bagian dalam helm menggunakan komponen dari busa, maka panas matahari adalah sumber paling baik untuk proses pengeringan. Poin ini sering disepelekan, beberapa salon helm justru menggunakan oven untuk mengeringkan bagian ini. Padahal penggunaan oven dalam kurun waktu yang panjang bikin busa helm mengempis.

Kalau pun cuacanya sering hujan, bisa sobat angin-anginkan atau menggunakan hair dryer dengan jarak minimal 5 cm. Nggak boleh terlalu dekat, biar foam nggak meleleh dan pastikan bagian busa kering biar nggak apek.

Apabila bagian busa sudah kering, kalian bisa pasang kembali komponen-komponen yang dilepas. Sebagai tambahan, sobat bisa menyemprotkan sedikit freshener atau wewangian sesuai selera.

 

6. Cuci Bagian Cangkang Helm

Untuk bagian luar helm, kalian bisa mengelapnya dengan menggunakan air dan lap mikro fiber. Biar tampilannya makin kinclong, sah-sah saja menggunakan cairan wax sebagai finishing-nya.

finishing cuci helm

 

Gimana sob, cukup ribet ya metodenya? Tapi, sebenarnya inilah metode cuci helm yang aman dan tepat. Ada baiknya Sobat Bikers melakukannya sendiri di rumah. Selain lebih hemat, kalian juga bisa lebih peduli dengan helm kesayangan.

Youtube Belipart