Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
bengkel servis motor
Umum

3 Bengkel Servis Motor Sebelum Pulang Kampung

Jika kalian mudik menggunakan motor, sebaiknya memperhatikan kondisi mesin beserta kelengkapannya. Alangkah baiknya bila kalian pergi ke bengkel sebelum mudik untuk memeriksa “kesehatan” sang kuda besi agar tetap optimal ketika digunakan bepergian jalan jauh. Namun, kalian juga harus tahu tiap jenis dari masing-masing bengkel, tempat yang tepat akan menentukan servis pada motor secara tepat pula. Mau tau apa aja sih jenis bengkel (yang melakukan servis mesin) yang tepat untuk motor kamu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

 

1. Servis di Bengkel Resmi

servis motor sebelum mudik

Bengkel ini merupakan sub-bagian operasional dari dealer ataupun pihak ATPM sebagai unit layanan after sales guna mendukung sistem marketing. Kebijakan-kebijakan yang dibuat sepenuhnya tergantung dan tunduk kepada perusahaan atau dealer yang bersangkutan. Dikhususkan untuk pabrikan motor tertentu dengan tujuan menjaga kualitas pelayanan purna jual terhadap konsumen.

Dalam hal servis para mekanik bengkel resmi ini memiliki cukup keahlian dan pengetahuan tentang spesifikasi motor-motor tersebut. Teknologi serta peralatan pun lebih baik dibanding tempat servis umum kebanyakan, seringkali mekanik menggunakan special tools yang berbeda untuk tiap jenis motor. Menurut sebagian orang awam, bengkel resmi tak jarang juga disebut bengkel khusus. 

  • Lebih cocok buat kalian yang memiliki motor standar tanpa modifikasi, sebab masa garansi servis akan hangus bila motor kalian sudah mengalami modifikasi. Selain itu, mereka memang selalu menyediakan genuine sparepart (suku cadang asli).
  • Jika kalian mempunyai anggaran biaya servis motor yang cukup besar, maka bengkel jenis ini cukup sesuai dengan kriteria kalian. Uang yang dikeluarkan akan sebanding dengan kualitas sparepart dan mekanik yang terlatih.

 

2. Bengkel Servis Motor Umum

Motor dengan merk apa saja dapat menggunakan jasa servis dari bengkel jenis ini. Berbeda dengan sebelumnya, workshop ini bebas menentukan prosedur perbaikan, bebas memilih toolkit yang dibutuhkan, dan bebas menjual suku cadang asli maupun aftermarket. Semua tergantung konsumen terhadap pemilihan jenis sparepart.

Bengkel umum lebih sering dijumpai meskipun di daerah yang jaraknya lumayan jauh dari perkotaan, sehingga lebih mudah dijangkau. Kalian punya lebih banyak pilihan, sebab jarang terjadi antrian panjang saat hendak melakukan servis. Hal ini membuat mekanik tidak tergesa-gesa sehingga mempunyai cukup waktu untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh.

  • Tak sedikit pula dari mereka yang mampu memberikan pelayanan memuaskan. Disamping mekaniknya yang lebih komunikatif, kalian juga bisa konsultasi terkait masalah motor maupun budget servis motor kalian. 
  • Mekanik terbiasa menangani berbagai merek motor dan bermacam permasalahan, sehingga relatif memiliki pengalaman unik. Tak jarang mekanik mempunyai trik-trik khusus dalam penyelesaian masalah motor kalian agar biaya servis tidak terlalu mahal.

 

3. Bengkel Spesialis Motor Tertentu

bengkel servis motor vespa
Hanya Melayani Servis Khusus Jenis Motor Vespa

Yang terakhir ialah bengkel spesialis yang bisa kalian jadikan opsi karena memiliki mekanik yang sangat berpengalaman dengan suatu merk pabrikan atau motor tertentu. Dan lebih mengerti bagaimana mendapatkan spare part langka (unik) yang belum tentu tersedia di toko-toko sparepart. Hal ini pula yang bikin konsumen merasa tenang akan ketersediaan spare part untuk motornya. Namun keberadaannya terbilang sangat jarang.

  • Lebih cocok buat kalian yang ingin tau seluk beluk motor kalian, sebab kalian akan berada di lingkungan dengan motor yang memiliki kesamaan. Kalian harus memiliki anggaran servis motor sedikit lebih banyak, sebab pada umumnya biaya servis disini terbilang lumayan mahal. Hal ini dikarenakan prosedur servis membutuhkan penanganan ekstra dan juga alat-alat khusus.

Nah, seperti itulah beberapa jenis bengkel (yang melakukan servis mesin) yang harus kalian tau. Jadi, sebelum kalian mudik pastikan motor udah di service sebagai tindakan pencegahan motor “ngambek” di jalan.

Youtube Belipart