fbpx

Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
velocity stack yamaha nmax
Review

REVIEW : Velocity Stack Nmax Kawahara Yang “Nyeleneh”, Khasiatnya?

Pada artikel sebelumnya, velocity stack merupakan suatu alat yang fungsinya untuk melancarkan aliran udara yang masuk ke throttle body atau karburator. Keuntungan dari desain moncong ini diklaim dapat mengalirkan udara dengan lebih lancar dan konsisten. Teknologi ini rupanya dimanfaatkan beberapa pabrikan sparepart aftermarket untuk mengembangkan produk mereka sendiri. Salah satunya produk performa dari Kawahara ini. Velocity stack Nmax lansiran Kawahara ini memiliki teknologi dan desain yang berbeda dengan velstack pada umumnya.

 

Desain Minim Lekukan Tajam

velocity stack nmax kawahara
Lekukan Pipa Velocity Lebih “Smooth” Dibanding Pipa Filter Standar Nmax

Lain dengan velocity motor balap, velocity “harian” Kawahara ini berbahan galvanis yang menggantikan peran manifold karet saringan udara dari boks filter ke throttle body. Pada Yamaha Nmax standar, posisi throttle body dan box filter udara ini nggak diperlukan ubahan ekstrim agar pemasangan velocity tetap bisa memakai boks filter ori-nya. Meski dengan konsekuensi yang mengharuskan bentuk velstack nantinya agak memanjang ke belakang. Velocity stack Kawahara kepunyaan Nmax ini lebih minim lekukan dibanding manifold karet filter udara bawaan pabrik. Dengan begitu, aliran udara pun bebas hambatan dengan pemasangannya yang plug n play.

 

Kombinasi Vortex dan Velocity Stack

velocity dan vortex

Manfaat dari kedua teknologi ini bisa Sobat Bikers dapatkan saat menggunakan moncong udara besutan Kawahara ini. Pada berbeda dengan velocity stack kebanyakan, ujung inlet bellmouth ini memiliki fin (sirip) yang ada pada Vortex. Sedangkan pada bagian yang berfungsi sebagai pemusat aliran udara, memiliki ujung pipa yang melebar dengan sirip vortex di dalamnya. Hal ini ditujukan agar kinerja velocity makin maksimal meski dimensi pipa yang digunakan juga cukup panjang.

Seperti yang udah dijelaskan pada artikel sebelumnya, makin panjang moncong velstack, maka power yang didapat ada pada RPM bawah hingga menengah. Cocok buat riders yang pengen motornya lebih gesit saat dipakai Stop n Go.

Prinsip kerja corong karbu alias velocity stack yakni mengurangi efek turbulensi udara yang masuk ke bagian moncong throttle body. Adanya si mulut lonceng ini, bikin udara segar yang dihisap mesin makin banyak, ditambah aliran udara yang makin deras. Suplai udara yang lebih optimal ini punya beberapa keuntungan, Sobat Bikers. Diantaranya, udara yang menerobos ventury karbu mampu “mengaduk” semburan bahan bakar dalam manifold dengan sendirinya. Selain itu, bentuk desain dari velocity stack dapat meningkatkan kecepatan serta volume udara yang masuk ke intake. Derasnya aliran udara yang masuk secara nggak langsung membuat udara terkompresi pada bagian intake.

Leave a Response

Top Reviews

Video Widget

gallery